10 Pemain Chelsea “Kubur” Barcelona di Camp Nou

Pupus sudah harapan Barcelona untuk mempertahankan gelar Liga Champions. Chelsea berhasil menyingkirkan sang juara bertahan setelah menahan imbang di Camp Nou 2-2, Selasa (24/4).

Membawa modal kemenangan 1-0 di leg pertama, Chelsea tampil dengan disiplin pada laga kedua di Stadion Camp Nou. Meski harus bermain dengan sepuluh pemain sejak babak pertama, Chelsea terbukti bisa menahan segala tekanan yang diberikan tim tuan rumah.

Demi meraih kemenangan di laga kedua ini, Josep Guardiola memainkan formasi menyerang 3-4-3. Lini belakang diisi trio Gerard Pique, Javier Mascherano, dan Carles Puyol. Sementara Dani Alves duduk di bangku cadangan. Sementara Chelsea masih setia dengan formasi kemenangan saat berlaga di leg pertama.

Namun, kedua tim dipaksa mengubah susunan pemain pada menit-menit awal pertandingan. Gary Cahill harus ditarik keluar dan digantikan Jose Bosingwa pada menit ke-12 lantaran cedera hamstring. Sedangkan Gerard Pique diganti Alves beberapa menit berselang setelah mengalami cedera kepala.

Kesempatan pertama langsung hadir dari kaki Lionel Messi. Namun, sepakan Messi masih menyamping tipis di gawang Petr Cech. Pun dengan peluang besar Messi pada menit ke-19. Tinggal berhadapan dengan Cech, tendangan Messi diselamatkan oleh kaki kiper asal Republik Ceska itu.

Terus-menerus melakukan serangan ke daerah pertahanan Chelsea, Barcelona akhirnya mampu memecah kebuntuan. Pada menit ke-35, Alves memberikan umpan kepada Isaac Cuenca di sisi kanan pertahanan Chelsea. Tanpa egois, Cuenca menyodorkan umpan silang ke depan mulut gawang Cech. Sergio Busquets yang berdiri bebas tak kesulitan untuk menghadirkan gol pembuka bagi Barcelona.

Memasuki menit ke-37, Chelsea dipaksa bermain dengan sepuluh pemain. Kapten John Terry terlihat wasit melakukan pelanggaran terhadap Alexis Sanchez saat bola tak berada di depan mereka. Alhasil, Terry dihadiahi kartu merah langsung pada laga tersebut.

Bermain dengan sepuluh pemain memaksa Chelsea semakin merapatkan barisan pertahanannya. Namun, gol kedua Barcelona kembali hadir pada menit ke-43. Umpan terobosan Messi disambut Andres Iniesta dengan sempurna. Sebuah sepakan Iniesta berhasil mengelabui Cech untuk menggandakan skor sekaligus membuat Barcelona unggul secara agregat.

Keasyikan menyerang, membuat lini belakang Barcelona lengah. Hasilnya, memasuki menit pertama masa injury time, Chelsea membuat publik Camp Nou terdiam usai Ramires membobol gawang Victor Valdes. Menerima umpan Frank Lampard, dengan ciamik Ramires mencetak gol dengan mencungkil bola melewati kepala Valdes. Babak pertama berakhir dengan skor 2-1 untuk Barcelona. Namun, Chelsea unggul agresivitas gol tandang.

Tiga menit babak kedua bergulir, pertandingan semakin menarik. Barcelona langsung menerima hadiah penalti menyusul pelanggaran Drogba terhadap Fabregas di dalam kotak penalti.

Messi yang mencoba mencetak gol pertamanya ke gawang Chelsea gagal menjalankan tugasnya. Penalti Messi masih mengenai mistar gawang Cech. Selamatlah gawang Chelsea dari kebobolan yang ketiga.

Pada menit ke-61, Barcelona berpeluang besar menambah keunggulan. Akan tetapi, kembali penyelamatan Cech bisa menggagalkan usaha Cuenca mencetak gol yang cukup terbuka.

Tujuh menit sebelum bubaran, Messi hampir saja menebus kesalahan karena gagal mencetak gol lewat titik putih. Sayangnya, sepakan pemain asal Argentina itu lagi-lagi mengenai tiang gawang.

Memasuki menit-menit akhir pertandingan, Fernando Torres yang masuk sebagai pemain pengganti melapangkan jalan Chelsea ke final. Sebuah serangan balik membuat Torres berdiri sendiri dan tinggal berhadapan dengan Valdes. Dengan sedikit gerakan, Torres menggocek Valdes dan dengan mudah menceploskan bola ke gawang yang sudah kosong. Skor pun berubah menjadi 2-2 sekaligus mengakhiri laga.

Chelsea unggul agregat 3-2 atas Barcelona. Kini, Chelsea tinggal menunggu pemenang antara Bayern Munchen dan Real Madrid untuk laga final di Fussball Arena Munchen, 19 Mei mendatang. (Okky)

Line-Up
Barcelona (3-4-3) : Barcelona XI (vs Chelsea): Valdés, Puyol, Mascherano, Piqué (Alves 26), Busquets, Xavi, Iniesta, Fabregas (Keita 74), Sanchez, Messi, Cuenca (Tello 68).
Chelsea (4-3-2-1) : Cech, Ivanovic, Terry, Cahill (Bosingwa 12), Cole, Mikel, Meireles, Lampard, Ramires, Mata (Kalou 58), Drogba (Torres 80).

Statistik Pertandingan
Penguasaan bola: 73%-27%
Total tembakan: 22-7
Tembakan ke arah gawang: 5-3
Sepak pojok: 10-1
Offside: 1-1
Pelanggaran 8-10
Kartu kuning: Iniesta 50, Messi 71 – Mikel 32, Ramires 44, Ivanovic 48, Cech 59, Lampard 72, Meireles 89
Kartu merah: – / Terry 37

Galeri Fhoto

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Hilighits

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s