4 Kebiasaan Penyebab Kerusakan Gigi

Apakah Anda pernah mendengar informasi bahwa makan apel setelah makan bisa menyehatkan gigi?

Para ilmuwan dari King College London Dental Institute telah menemukan bahwa apel tidak lebih sehat daripada permen. Hanya sedikit orang yang tahu bahwa efek berbahaya apel pada gigi adalah sekitar 4 kali lebih besar daripada minuman berkarbonasi.

-Apel dan Kesehatan Gigi

Para ilmuwan telah memperkirakan bahwa beberapa jenis apel mengandung 4 sendok teh gula yang meningkatkan tingkat keasaman dalam mulut.

Untuk menetralkan asam, diperlukan kalsium, yang juga memperkuat jaringan tulang, termasuk gigi. Oleh karena itu, ahli gizi merekomendasikan untuk memakan apel bersamaan dengan sepotong keju.

Ketika seseorang makan apel perlahan-lahan, tingkat asam yang tinggi ini memiliki cukup waktu untuk merusak gigi. Jadi, sepertinya Anda harus memperhatikan cara Anda memakan apel.

-Minuman yang Merusak Gigi

Wine, bir dan jus buah menyebabkan kemungkinan penyakit gigi 4 kali lebih tinggi jika dikonsumsi secara rutin. Saran sederhananya; minumlah jus menggunakan sedotan dan pilih jus buah segar yang tanpa gula, minumlah wine hanya pada saat tertentu, dan segera hentikan konsumsi bir.

-Menyikat Gigi Setelah Makan

Menyikat gigi segera setelah makan tidak berguna seperti yang biasa Anda yakini. Enamel gigi melunak oleh asam dan menjadi sangat rentan. Dan menyikat gigi hanya akan menyebabkan kerusakan lebih besar. Jika Anda ingin menyikat gigi setelah makan, Anda hanya perlu menunggu selama 30 menit.

-Permen Karet

Beberapa permen bebas gula (terutama yang memiliki rasa buah) mengandung asam. Asam ini mempengaruhi enamel gigi dan meningkatkan risiko kerusakan.

Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa mengunyah permen karet setelah makan besar dan bahkan setelah ngemil akan membantu mengurangi resiko kerusakan gigi sekitar 40%. Sebuah permen karet sangat efektif jika dikunyah selama 20 menit setelah makan, ketika tingkat asam sedang sangat agresif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s